Blog

Air susu ibu menyediakan nutrisi yang sangat ideal mulai dari vitamin protein lemak dan gula serta antibodi pembentuk sistem kekebalan tubuh yang sangat penting demi menunjang kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Memberikan ASI pada anak juga sangat efektif untuk mencegah bayi sakit. Bahkan dengan menyusui juga memberikan manfaat bagi sang ibu untuk mempercepat penurunan berat badan mengurangi pendarahan rahim setelah melahirkan serta menurunkan resiko kanker payudara dan kanker ovarium. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa dengan menyusui juga bisa menurunkan risiko penyakit osteoporosis dan risiko diabetes.

Bagi para ibu yang sedang berada dalam masa menyusui, Maka sangat penting untuk merawat payudara Ketika memberikan ASI. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan tanpa sakit ketika harus menyusui anak beberapa kali dalam 1 hari.  Oleh karenanya, para ibu juga harus menghindari beragam hal yang dapat memicu keluhan ketika menyusui. Apalagi pemberian air susu ibu atau asi sangat dianjurkan selama usia tumbuh kembang anak dari sejak lahir hingga 2 tahun.

 

Merawat Payudara Ketika Menyusui

Selain menggunakan bra dengan ukuran yang tepat, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan bagi si Ibu ketika masa menyusui sebagai bentuk perawatan payudara, diantaranya:

  • Ibu harus mempelajari bagaimana memposisikan si kecil dan mulutnya dengan benar ketika posisi menyusui. Anda harus memastikan posisi mulut si kecil mencakup sebagian besar areola atau area gelap di sekitar puting. Pada posisi ini bisa mencegah puting terasa sakit serta untuk melancarkan proses menyusui.
  • Ada beberapa posisi menyusui yang tepat sebagai bagian dari tips perawatan payudara yang disarankan oleh dokter. Sehingga Anda bisa meminta saran dari dokter atau bidan tentang posisi menggendong dan menyusui bayi dengan benar.
  • Usahakan untuk mencegah si kecil agar tidak menggigit puting. Pada usia rentan 3-4 bulan mungkin gigi bayi belum tumbuh. Untuk membiasakannya, Anda bisa menghentikan isapan asi setelah si kecil selesai menyusui atau saat sudah tertidur. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara anda sendiri.
  • Pastikan untuk menyusui si kecil secara teratur setiap dua sampai tiga jam sekali. Tips ini sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara anda sendiri. Selain itu banyak juga harus menyusu dari kedua payudara sama banyaknya setiap hari.
  • Untuk membantu melancarkan aliran ASI maka Ibu bisa memberi sedikit pijatan pada payudara atau mengompres dengan air hangat. Tips ini sangat penting untuk membuka saluran saluran kelenjar ASI. Apalagi jika Ibu merasakan nyeri di payudara maka bisa meng Kompres dengan air hangat dan dingin secara bergantian untuk mengurangi rasa nyeri.

Demikian itulah beberapa tips perawatan payudara untuk ibu menyusui. Dengan memperhatikan hal-hal penting tersebut sehingga dapat meminimalisir gangguan kesehatan pada payudara selain itu juga berguna untuk memposisikan bayi menyusui dalam posisi yang nyaman.